Monday, June 11, 2012

Ikhlas

Banyak orang mengenal kata ikhlas, namun kebanyakan orang belum tentu mengerti apa itu makna ikhlas yang sesungguhnya. ikhlas adalah tidak mengharap sesuatu apapun dan dari siapapun kecuali hanya bertujuan untuk Allah dan hanya mengharap keridhoanNya, ikhlas banyak sekali macamnya, salah satunya adalah ikhlas menerima apa yang di berikanNya kepada kita, ikhlas memberi, ikhlas/pasrah akan ketentuan yang Allah berikan dll.
Tuhanku.. tentunya Engkau menciptakan manusia karena ada maksud-MU, ampuni hamba bila dulu pernah marah pada-MU, pernah kesal pada-MU namun seiring dengan perjalanan waktu,usia dan pembelajaran hamba sadar bahwa Engkau menciptakanku/manusia untuk beribadah kepada-MU, untuk sukses, untuk bahagia dunia sampai akhirat.
Ya Tuhanku.. aku takjub ketika membaca/melihat video tentang tentang kejadian manusia sampai terlahir ke dunia, sungguh tampak kebesaran dan kekuasaan-MU, betapa kecilnya aku/manusia di hadapan-MU, sungguh benarlah firman-MU yang di dalam Al-Qur'an "siapa yang mengenal dirinya pasti mengenal Tuhannya" .
Ya Tuhanku.. seperti apapun diriku Engkau ciptakan itu semua adalah kehendak-MU, mungkin tak ada manusia yang ingin dilahirkan dengan wajah yang tidak cantik/tidak tampan, tidak pandai ataupun tidak kaya, ataupun berkulit hitam, namun aku yakin pada-MU bahwa Engkau menciptakan manusia dengan sebaik-baik bentuk, dan Engkau pun Tuhan Yang Maha Pengasih yang tidak melihat manusia dari ras, wajah, kulit, hartanya namun dari hati manusia.
Tuhanku.. kuatkanlah keikhlasanku, ikhlas menerima rizki pemberian-MU, ikhlas menerima/menyayangi diri ini dengan segala kelebihan dan kekurangan yang Engkau titipkan padaku, ikhlas bahwa kehidupan yang Engkau berikan adalah anugerah-MU yang terindah buatku, ikhlaskan juga ketika aku memberi dengan niat hati yang bersih, tulus karena hanya mengharap ridho-MU, sehingga dampak dari keikhlasanku ku rasakan bahagia saat melakukannya/memberi, setelah memberipun aku juga merasa bahagia dan segera melupakan tindakan/pemberian yang kulakukan dan ikhlaskan juga aku menerima segala takdir-MU, agar Engkau sll memberkahiku dan agar para malaikat pun selalu memayungi hidupku bersama orang-orang ikhlas lainnya.
Walau aku tak secantik siti zulaikah
tak se saleha siti fatimah
tak sekaya siti khadijah
tak sesabar siti maryam
tak se cerdas siti aisyah
namun aku juga ciptaan-MU, yang aku yakin Engkau menyayangiku, menemaniku dalam suka dukaku,
dengan sisa umur hidupku, dengan segala potensi kelebihan & kekurangan yang Engkau titipkan padaku, aku akan berusaha membuat-MU bangga tersenyum padaku.
Ya Rabb.. aku ingin sukses menurut pandangan-MU/penilaian-MU dan bukan penilaian manusia karena hanya pandangan-Mu lah yang sempurna.

Ya Allah ku yakin Engkau sayang padaku
di sepertiga malam ku sll terjaga dari tidurku
ku abaikan dingin, segera ku bergegas
untuk menghadapmu dengan niat hati yang ikhlas

Ya Allah dengan-MU ku ungkapkan segala isi hatiku
kurasakan sejuk di jiwaku
maka jadikanlah rindu ini dalam dzikir pada-MU
dan jadikan juga usahaku tak sia-sia disisih-MU





 

No comments:

Post a Comment